banner 728x250

15 Rescuer Kantor SAR Medan Ikuti Latihan SAR Beregu di Gunung dan Hutan

banner 468x60

Medan. gayortinews.com – Dalam rangka meningkatkan kompetensi rescuer pada Operasi Pencarian dan Pertolongan di Gunung Hutan, Sebanyak 15 orang rescuer Kantor SAR Medan menjadi peserta dalam Kegiatan latihan SAR beregu Teknik Pencarian dan Pertolongan di Gunung Hutan.

Latihan SAR beregu rescuer yang diadakan selama empat hari ini dibuka oleh Kepala Kantor SAR Medan, Budiono,S.E.,M.M. pada hari Rabu,27 Juli 2022 pagi yang dilaksanakan selama dua hari yaitu 27-28 Juli 2022.
Dalam pembukaannya, Budiono mengharapkan agar rescuer tetap semangat dalam mengikuti materi dikelas, praktek, sampai pada tahap simulasi. Memang, selama ini para Rescuer sudah sering melakukan operasi SAR di Gunung Hutan namun latihan SAR beregu kali ini untuk lebih memantapkan kemampuan Rescuer agar Pelaksanaan Teknik Pencarian dan Pertolongan di Gunung Hutan sesuai dengan Sesuai dengan Prosedur Penyelamatan. Para Rescuer juga lebih mampu untuk melakukan evakuasi korban di Gunung Hutan dengan respon time yang baik.

Pada pelaksanaan praktek di lapangan, peserta ditugaskan untuk mencari lokasi yang diduga korban hilang di Gunung Hutan dengan menggunakan peralatan kompas maupun GPS kemudian jika korban sudah ditemukan maka bagaimana tim harus mengevakuasi korban keluar dari Gunung Hutan dengan penanganan cepat dan aman . Hingga siang tadi sekitar pukul 14.00 wib, Latihan SAR beregu ini resmi ditutup dan semua peserta melaksanakan kegiatan latihan dengan aman dan berjalan baik.

Sebelum nya pada Tanggal 18-22 Juli lalu, Kantor SAR Medan juga melaksanakan Pelatihan Teknik Penyelamatan di Arus Deras tingkat dasar yang bertempat di Pusdiklat Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumut yang berlokasi di Sungai Buaya Desa Mabar Kec. Bangun Purba Kab. Deli Serdang. Sebanyak 62 Rescuer yang terdiri dari Rescuer Kantor SAR Medan, Pos SAR Parapat Danau Toba dan Pos SAR Tanjung Balai Asahan mengikuti Pelatihan Teknik Penyelamatan di Arus deras tingkat dasar.

Pelatihan ini bertujuan untuk memantapkan kemampuan Rescuer Kantor SAR Medan pada bidang Penyelamatan di Arus Deras, mampu mengoperasikan perahu karet berjenis rafting dan mampu mengevakuasi korban menggunakan perahu rafting yang berada di Arus Deras.
(Deddybangun)