banner 728x250

Dinas Pertanian Kabupaten Karo Melaksanakan Pelatihan Pengurus Poktan Angkatan VII dan VIII Tahun Anggaran 2022

banner 468x60

KARO. gayortinews.com – Dinas Pertanian Kabupaten Karo Bapak Metehsa Purba melalui Kabid penyuluhan Ir.ajaren.MP.Kembali melaksanakan kegiatan penyuluhan pengurus poktan angkatan VII dan VIII, Tahun Anggaran 2022 di Aula dan Workshop Dinas pertanian kabupaten Karo.jln Vetran Kabanjahe.Kamis 14 Juli 2022.

Para peserta dari kelompok tani di Kabupaten Karo dari 9 kecamatan Di wilayah dataran tinggi di kabupaten Karo. Dengan sub kegiatan pengembangan kapasitas kelembagaan petani di Kecamatan dan Desa Tahun anggaran 2022.

Panitia kegiatan Ir.Ajaren.MP. Mengundang Nara sumber Norman.SP. UPT perlindungan tanaman pangan dan hortikultura Provinsi Sumatera Utara, Dari Dinas TPH narasumber Bapak Surya Yusuf Surbakti dan Tim dari yayasan budaya hijau Indonesia. Dan Ibu Diah Wiyani budiwan perwakilan Dari UPT Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian widiais suara dinas tanaman pangan dan hortikultura provinsi Sumatera Utara.Dan Dari pihak perbankan yang menangani KUR di bidang pertanian, dan narasumber dari PT juma berlian exsim tentang pemasaran produk pertanian.

Salah satu dari narasumber yang sudah punya jam terbang tinggi di Wilayah Dinas pertanian provinsi Sumatra Utara.Buk Diah Wiyani budiwan Mengangkat tema strategi peningkatan kelas kemampuan kelompok tani dan administrasi kelompok.

Dalam penjabaran ya buk Diah menjelaskan kepada petani Untuk meningkatkan kemampuan kelas kelompoknya dari Pemula lanjut,madya dan utama yang indikatornya dari kementerian.karena indikator keberhasilan suatu pembangunan pertanian itu dinilai dari kelasnya, kalo kelas kelompok madya dan utama itu dikatakan sudah mandiri kelompok taninya dan tingkat kesejahteraannya sudah lebih terjamin. Dan untuk administrasinya kelompok tani supaya Menuliskan semua aktivitas kegiatannya di dalam kelompok usaha taninya.

Panitia dari dinas pertanian kabupaten Karo Ir.Ajaren, MP.Mangatakan setiap peserta agar dapat menerapkan ilmu yang didapat di dalam pelatihan ini pada kelompok tani Nya masing masing terutama dalam pembuatan pestisida nabati,Eko enzime dan pupuk organik cair. sehingga pengeluaran petani dapat di tekan sekecil mungkin di Saat harga sarana produksi yang cukup tinggi pada saat ini.ujarnya

pelatihan pengurus pokdar ini akan di tutup besok jumat 15 Juli 2022, dimana Tinggal angkatan IX yang belum selesai pelatihan ini,jadi besok akan ditutup setelah angkatan IX selesai.

(Deddybangun)