banner 728x250

Dua Unit Embung Pertanian di Bangka Tengah Diresmikan Penggunaannya Hari Ini

banner 468x60

Bangka Tengah. gayortinews.com – Dua unit embung pertanian di Kabupaten Bangka Tengah diresmikan penggunaannya, Jumat (05/08/2022) sore.

Peresmian pembangunan embung yang didanai APBN Tahun 2022 itu ditandai dengan penandatanganan prasati oleh Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman ST didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Romdhoni SP MM.

Dua unit embung yang diresmikan tersebut masing-masing berlokasi di Kelompok Tani Subur Lestari Desa Cambai Selatan Kecamatan Namang dan Kelompok Tani Karya Gemilang Desa Lubuk Pabrik Kecamatan Pulau Besar. Embung yang dibangun secara swakelola tersebut juga dilengkapi dengan pipa dan mesin penyedot air.

Turut hadir saat peresmian Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Sajidin SE MSi, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Asdianto SP MT, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Sukandar SP dan Subkoordinator Pupuk dan Pestisida Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Budi Jaya Santosa SP.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Sukandar SP mengatakan pembangunan dua unit embung yang diresmikan tersebut didanai APBN dan dikerjakan secara swakelola oleh petani.

“Usulan dari kabupaten melalui E-Proposal. Dana pembangunan berasal dari APBN Tugas Pembantuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pembangunan dilakukan secara swakelola karena uangnya langsung masuk ke rekening petani,” kata Sukandar usai peresmian di Desa Cambai Selatan.

Sukandar meyakini keberadaan embung itu dapat meningkatkan produksi tanaman pada kedua kelompok tani tersebut. Alasannya dengan adanya embung petani tidak lagi kesulitan air sehingga aktifitas pertanian dapat berjalan setiap musim.

“Dengan adanya embung maka ada empat hingga lima hektar lahan hortikultura yang dapat dialiri air di Kelompok Tani Subur Lestari Cambai Selatan dan sekitar tujuh hingga delapan hektar di Kelompok Tani Karya Gemilang di Desa Lubuk. Harapan kita produksi tanaman meningkat karena petani dapat menanam kapan saja. Kalau sebelumnya musim kemarau tidak tanam maka sekarang bisa tanam,” ujar Sukandar.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Romdhoni SP MM mengatakan pembangunan embung tersebut merupakan salah satu bentuk sinergitas pembangunan pertanian antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

“Karena itu tadi Pak Bupati menyampaikan terima kasih kepada kita di provinsi dan beliau minta dukungan terus dari kita. Inilah bentuk sinergi antara provinsi dan kabupaten,” kata Edi.

Edi berharap embung yang dibangun tersebut dapat bermanfaat untuk petani sekitar. Karena itu ia minta sarana pertanian tersebut dijaga secara baik agar dapat digunakan untuk waktu yang lama.

“Embung itu kan untuk membuat penampungan air itu permanen, lebih bagus dan kemudian daya tampung (air) akan lebih banyak. Jadi kegiatan ini memberikan azas manfaat yang luar biasa,” tandasnya.* (Redi S./Humas)