banner 728x250

Focus Group Discussion (FGD) Tahap I, Kolaborasi 4 Kabupaten Dalam Membangun Jejaring dan Industri Pariwisata

banner 468x60

Halmahera Utara, gayortinews.com  – Empat Kabupaten, Halut, Halteng, Haltim dan Pulau Morotai, berkolaborasi untuk bersama membangun daerah demi maju bersama. Hal itu terungkap dalam focus Group Discussion (FGD) Tahap I yang di lakukan di ruang pertemuan Fredy Tjandua lt 2 Kantor Bupati Halmahera Utara (21/7).

Kegiatan yang direncanakan dua hari, (21-22 Juli 2022) ini akan mengulas empat potensi yaitu : Pariwisata, Pertanian, Perikanan dan Pertambangan dari empat kabupaten yang bertetangga. Kegiatan FGD ini, merupakan tindaklanjut kesepakatan Empat Kepala Daerah yang dilakukan pada bulan November tahun lalu.

Mengawali FGD, dilakukan pemaparan materi Kolaborasi Kawasan Smart City melalui Zoom Meeting oleh Heri Sutrisno sebagai narasumber fasilitator Smart City Nasional dari Perkumpulan Profesional Informasi (PPTI). Dan pemaparan materi selanjutnya oleh narasumber Dr J Mangimbulude.

Kadis kominfo dan Persandian Povinsi Malut Dr. Iksan R.A Arsad, M.Si Mewakili Sekretaris Provinsi Maluku Utara. Juga membawa materi Mewujudkan kawasan cerdas untuk pariwisata handal. Menurutnya, kolaborasi bukan berkompetisi karena tak mungkin untuk maju sendiri tanpa berkolaborasi.

Sedangkan Sekretaris Daerah Drs E J Papilaya , MTP, menyatakan mengenali potensi wisata yang paling unggul dan hanya satu-satunya untuk sebuah daya tarik.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Halmahera Utara Drs. Deky Tawaris. MM sebagai moderator dalam acara diskusi ini juga menyampaikan bahwa Kolaborasi 4 kawasan smart city kiranya kedepan bisa bersinergi untuk mengembangkan potensi yang ada, sehingga dapat dikenali oleh dunia luar dan menjadi daya tarik wisatawan. Setelah selesai acara FGD untuk hari pertama melalui diskusi hangat dan berbobot dari utusan empat Kabupaten, selanjutnya peserta diajak menikmati ikan bakar Mujair di danau Galela.

Kegiatan FGD hari kedua selanjutnya akan dilakukan di dua tempat wisata yang ada di Halut yaitu di Taaga Paca dan Pulau Magaliho. (Theo)