banner 728x250

Gelar DIKLATDA Tahun 2022, BPD HIPMI Banten Berikan Edukasi Guna Peningkatan Pengusaha-Pengusaha Muda

banner 468x60

SERANG. gayortinews.com – Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banten menggelar kegiatan Pendidikan dan Latihan Daerah (Diklatda) dengan tema “Semangat Kolaborasi Pengusaha Muda Banten Dalam Kebangkitan Ekonomi Nasional. Acara digelar Hotel Horizon Ratu Ultima, kota Serang. Senin, (25/7/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Gubernur Banten Al-muktabar, perwakilan Bupati Serang, Wakil Ketua Umum BPP HIPMI Akbar H. Buchari, Ketua Bidang OKK BPP HIPMI Eka Sastra, Ketua Bidang BUMN dan Perhubungan BPP HIPMI Arya Kuntandi, Ketua Umum BPD HIPMI Banten Ananda Trian Salichan, Bendahara Umum BPD HIPMI Banten Ahmad Suhandi, Perwakilan Bank Banten, Kepala Biro Adpim Setda Banten Beni Ismail dan tamu undangan yang lainnya.


Dalam kesempatan itu, Akbar H. Buchori selaku Wakil ketua umum BPP HIPMI Pusat Mengapresiasi BPD HIPMI Banten atas terselenggaranya satu agenda organisasi yang diperintahkan dalam pasal 34 Anggaran Rumah Tangga HIPMI.

“Kami mengapresiasi atas terlaksananya
salah satu agenda organisasi yang diperintahkan dalam pasal 34 Anggaran Rumah Tangga HIPMI yang di gelar oleh BPD HIPMI Banten hari ini,” Ucapnya.

Selanjutnya, Akbar menyampaikan bahwa Bidang bisnis sedang membaik dan sektor investasi lagi di nyalakan supaya pengusaha-pengusaha pemula dapat semakin berkembang.

“Untuk saat ini di bidang bisnis ataupun usaha sedang membaik bahwa sektor investasi lagi kita nyalakan, maka daripada itu kita berharap dapat timbul pengusaha pengusaha baru dan juga bisa mengupskilling pengusaha-pengusaha existing, agar para pengusaha pemula bisa semakin meningkatkan usahanya sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya dan supaya perekonomian kita juga bisa lebih baik lagi,” Ujarnya.

“Tentu itu tantangan kita kedepan bagaimana HIPMI bisa berkontribusi aktif dalam menyuarakan semangat kewirausahaan sampai ke tingkat cabang, agar kader-kader HIPMI bisa diberikan edukasi bisnis dan diberikan akses seluas-luasnya seperti akses permodalan, digitalisasi dan sebagainya. Sehingga HIPMI bisa berada di tengah-tengah masyarakat dan memberikan kontribusi aktif untuk para pengusaha-pengusaha baru untuk mengupgrading dan mengupskilling apa yang menjadi tujuan HIPMI yaitu menjadi tuan rumah di negri sendiri,” Jelasnya.

Sementara itu, Ketum BPD HIPMI Banten Ananda Trian Salichan mengatakan, DIiklatda ini salah satu kewajiban dari organisasi seperti yang tertuang dalam pasal 34 Anggaran Rumah Tangga HIPMI.

“Kegiatan ini sebagai salah satu kewajiban dari organisasi sebagaimana tertuang dalam pasal 34 Anggaran Rumah Tangga HIPMI, dimana setiap kepengurusan itu di wajibkan melaksanakan diklat daerah, kalo misalkan di cabang itu namanya diklatcab, tujuannya sebagai salah satu ajang untuk meningkatkan ilmu temen- temen pengurus dari sisi ke organisasi, kewirausahaan, dan dari sisi ilmu kepemerintahan,” Kata Ananda.

Selain itu, Ananda Trianh Salichan menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan Diklatda.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengurus HIPMI Banten. Di antaranya peningkatan keilmuan pada sisi kewirausahaan. Ke depannya para pengusaha muda diharapkan dapat membantu membuka lapangan pekerjaan,” Jelasnya.

“Ketika teman-teman ini memiliki usaha, otomatis kan mereka dapat membuka lapangan pekerjaan juga jadi berkesinambungan,” Imbuhnya.

Ia juga menuturkan, pihaknya terus mendukung pengusaha muda yang ada di Provinsi Banten untuk dapat mengembangkan apa yang manjadi kekurangan dalam berusaha. Selain itu, dirinya mendorong untuk memanfaatkan peluang saat ini yaitu usaha yang dikombinasikan dengan perkembangan teknologi.

“Yang pasti, segala jenis usaha bisa terdigitalisasi pasti yang akan maju di era 4.0 ini,” tandasnya.

Ditempat sama, Arya Kuntadi
Selaku Ketua Bidang BUMN dan Perhubungan BPP HIPMI menjelaskan tentang peran BUMN HIPMI Pusat serta tujuannya.

“Peran Bidang BUMN BPP HIPMI ini sebagai jembatan penghubung dan juga untuk membuka peluang-peluang untuk temen-temen HIPMI sehingga temen-temen HIPMI itu bisa punya tidak hanya lahan akses yang bagus kepada BUMN tetapi bisa masuk untuk jangka panjang,” Tuturnya.

“Tujuannya untuk fokus bagaimana caranya program HIPMI BUMN ini bisa jalan terus untuk periode-periode berikut nya, supaya jika temen-temen nanti yang melanjutkan punya akses, dan tidak hanya akses-akses nya aja, tapi bisa masuk BUMN nya. Siapa tau salah satu tokoh-tokoh kita bisa jadi direksi nya atau komisaris nya,” Sambungnya.

“Ya intinya kita berusaha membuka peluang-peluang itu, karena peran saya disini juga sebagai ketua BUMN HIPMI kita yang membuka jembatan nya dan juga memperkenalkan bahwa HIPMI ini punya tokoh-tokoh nya, jadi BUMN bisa melihat bagaimana kedepan nya hipmi ini punyai masa depan yang sangat bagus,” Tandasnya.

Diakhir Acara, Ketua pelaksana Diklatda BPD HIPMI Banten Hisyam Diah Berharap anggota HIPMI bisa berjalan sesuai visi dan misi.

“Saya berharap melalui acara Diklat ini kita anggota-anggota HIPMI yang berhimpun di BPD ini bisa berjalan sesuai visi dan misi dan apa yang di cita-citakan oleh HIPMI Nasional Khususnya BPD Provinsi Banten bisa terwujud,” Tutupnya.

(Khafril M)