banner 728x250

Kementerian PUPR, Tinjau Progres Revitalisasi Benteng Pendem

banner 468x60

Ngawi, gayortinews.com – Kementerian PUPR tinjau revitalisasi BentengPendem, yang ditargetnya rampung enam bulan kedepan bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Ngawi, Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jatim, Rabu (27/07/22).

Kementerian PUPR menerapkan Adaptive Reuse Concept atau mengembalikan fungsi bagian dalam
bangunan namun tetap mempertahankan orisinalitas
nilai budaya serta peninggalan sejarah ketika merevitalisasi benteng peninggalan Belanda ini.


Hal ini sejalan dengan yang dikatakan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono bahwa hal ini harus diasistensi dan dikomunikasikan dengam BPCB, agar tidak merusak keaslian dan prinsip – prinsip pelestarian bangunan cagar budaya sebagai edukasi masyarakat
“Benteng Pendem memiliki potensi yang besar sebagai destinasi wisata di Kabupaten Ngawi. Melalui pemugaran sekaligus revitalisasi ini dapat meningkatkan pariwisata khususnya di kawasan Benteng Van Den Bosch” lanjutnya.

 

Diterangkan Kepala BPPW Jatim Reva
Sastrodiningrat untuk saat ini, progres pekerjaan keseluruhan sampai dengan bulan Juli 2022 mencapai 90,99 persen,

“Fokus utamanya adalah perbaikan serta penambahan struktur bangunan, pekerjaan arsitektur di tiga belas bangunan di area Benteng Pendem, dan penataan area outdoor berikut penambahan infrastruktur” terangnya.

Sementara Kepala BPCB Jatim Andi Muhammad Said juga merinci revitalisasi di kawasan Benteng Pendem
berkaitan dengan drainase saluran air yang mengikuti sistem pengairan Belanda dan memilih tanaman yang
tidak merusak cagar budaya dan lebih menonjolkan tanaman endemik di Ngawi.

“Kami juga menerima masukan dari Menteri serta pihak terkait supaya saat Benteng Pendem diresmikan tetap bernuansa teduh dan nyaman
dengan memilih tanaman yang tidak merusak cagar budaya, seperti melihat kondisi akarnya,” ujarnya.
Kedepannya, Bupati Ngawi Ony Anwar menginginkan pasca Benteng Pendem direvitalisasi mampunmemberikan dampak besar bagi masyarakat Kabupatern Ngawi, terutama pada sektor wisata, kegiatan perekonomian, dan meningkatkan edukasi melalui bangunan bersejarah. (Wisnu)