banner 728x250

Nomor Seni TGR Bangkalan Juara Umum Pencak Silat Porprov

banner 468x60

Jember. gayortinews.com – Tiga medali emas dari nomor seni TGR (tunggal, ganda dan regu) mengantarkan Kabupaten Bangkalan sebagai juara umum cabang olahraga (cabor) pencak silat pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII/2022 Jawa Timur.

Pelatih pencak silat Bangkalan, Dicky Ardiyansah mengatakan hasil ini berkat persiapan maksimal para pesilat selama delapan bulan menuju Porprov VII. Raihan ini juga terasa istimewa jika dibandingkan dengan gelaran Porprov VI/2019 lalu.

“Alhamdulillah, keringat anak-anak selama delapan bulan terakhir terbayar lunas dengan menjadi juara umum Porprov kali ini. Dari sisi prestasi, ada peningkatan dibandingkan Porprov 2019 lalu. Saat itu, kami meraih satu medali emas,” ujar Dicky saat ditemui di Gelora Wira Bhakti, Lumajang, Kamis (30/6/2022).

Sementara itu, Tiga emas pesilat Bangkalan dipersembahkan Raysa Eka Delvira yang turun di tunggal putri, dua emas dari pasangan ganda putra yaitu Nicola Bima Saputra/Faiq Zanjabil Wafiqusshifa’ Tazair dan ganda putri atas nama Dinda Septiana/Zahira Fauqanurin Zahma. Selain itu, Bangkalan juga menggondol satu perak dan satu perunggu.

“Harus diakui, awalnya target kami adalah dua medali emas. Itu hasil pemetaan kekuatan daerah-daerah lain. Dan, TGR merupakan nomor andalan Bangkalan,” tuturnya.

Sementara, Kota Surabaya harus puas bertengger di posisi kedua perolehan medali pencak silat. Mereka mengumpulkan dua emas, tiga perak dan enam perunggu.

Capaian ini sama dengan gelaran Porprov VI/2019 lalu. Kala itu, pesilat Kota Pahlawan hanya menyabet 2 medali emas dan menempati posisi runner-up.

Kendati gagal meraih target juara umum, Ketua Umum IPSI Surabaya Bambang Haryo Soekartono tetap mengapresiasi perjuangan para atletnya.

“Seperti semua tahu, sempat ada kejadian yang mengubah hasil yang melibatkan Surabaya. Sebab, dewan juri telah menetapkan kita menang. Tapi, karena mendapat protes dan sempat ricuh suasananya, mungkin dewan juri atau technical delegate takut, makanya (hasil) berubah,” tambah Bambang Haryo.

Sementara itu, posisi ketiga klasemen medali cabor pencak silat diduduki Kabupaten Pamekasan. Dengan raihan dua emas, dua perak dan satu perunggu.@Fredy