banner 728x250

Pemkab Buton Gelar Pekande – Kandea Special Hut Buton Ke 63

banner 468x60

Buton. gayortinews.com – Dalam Rangkat Hut Kabupaten Buton Ke 63 Tahun Dan Pasarwajo Ke 19 Tahun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Menggela Pekandea – Kandea sebanyak 1000 talang di Depan Kantor Bupati Buton, Senin (04/07/2022).

Acara pekande-kandea digelar sekitar pukul 12.00 WITA, dihadiri Gubernur Sultra H Ali Mazi, Forkopimda Sultra, Forkopimda Buton, Kepala Daerah Se-Kepton, Anggota DPRD Buton, OPD.

Gubernur Sultra H Ali Mazi SH menyampaikan apresiasi kepada Pemda Buton yang telah menggelar acara Pekande-Kandea dalam rangka HUT Kabupaten Buton ke 63 meskipun baru beberapa saat lalu untuk pertama kalinya HUT Kabupaten Buton ditetapkan tanggal 4 juli.

“Kabupaten Buton semakin spesial karena tentunya memiliki nilai historis yang patut disyukuri dan hari ini masyarakat buton menggelar acara pekande-kandea,”katanya.

Dia menjelaskan pekandea-kandea atau makan-makan merupakan tradisi untuk menyambut kembalinya kestatria dari medan perang namun nilai dan maknanya penyambutan tamu, sebagai wujud ekspresi dan kebahagiaan masyarakat Buton memberi suapan kepada tamu atau pengunjung.

Ia mengharapkan agar kegiatan pekande-kandea agar terus dilaksananan, budaya dan kearifan lokal ini disampaikan kepada generasi yang akan datang.

Saya percaya kebersamaan ini dapat menstimulus agar lebih giat membangun daerah ini mewujudkan daerah adil dan makmur seperti tujuan pembangunan nasional,”ujarnya lagi..

Bupati Buton menyampaikan selamat datang kepada undangan, terimakasih dan penghargaan atas kehadiran Gubernur dan seluruh undangan yang ikut menghadiri acara HUT Kab.Buton.

“Mewakili seluruh masyarakat kabupaten selamat mengikuti acara Pekande-Kandea Peringatan HUT Kabupaten Buton ke 63 dan HUT Ibukota Kab.Buton ke 19, jika ada yang kurang saat Peringatan hari jadi ini mohon dimaafkan,”katanya. (NDR)