banner 728x250

Sedekah bumi banyu Urip Surabaya Mbah Kramat dewo

banner 468x60
Surabaya|| gayortinews.com – Mbah keramat dewo berlokasi yaitu berada di wilayah Banyu Urip wetan gang 2 tepatnya di wilayah RW 6 kelurahan Banyu Urip kecamatan Sawahan kota Surabaya .
Sugeng selaku panitia acara dan juga penggiat budaya mengatakan diadakannya kegiatan untuk sedekah bumi Mbah Kramat dewo yaitu salah satunya untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama warga di wilayah RW 6 dan untuk uri-uri budaya atau mengingat jasa-jasa para leluhur yang telah mendirikan atau babat alas di wilayah Banyu Urip wetan ini Sabtu 27/5/2023.
Kegiatan yang dipelopori dari wilayah RW 6 sendiri dan beberapa pengurus RT RW terus dibantu oleh beberapa dari  instansi kelurahan dan juga kerjasama dengan paguyuban-paguyuban salah satunya yaitu dari paguyuban ngajeni serta bantuan dari dinas pariwisata.
Kita kolaborasi mengadakan kegiatan ini dengan maksud memeriahkan dan juga membantu masyarakat bagaimana tahu bahwa di wilayah ini ada leluhur dan bagaimana kita tahu opo sih sing ono Ning nggone pulau jawa untuk tahu bahwa dari zaman dahulu sampai sekarang bahwa  budaya itu harus ditingkatkan jangan sampai tergerus oleh perubahan zaman juga ucap Sugeng.
Kegiatan ini selain adanya arak arak an keliling kampung juga di adakan gunung an serta kesenian jaranan Narendra Wijoyo Saputro dan juga reog Ponorogo dilanjutkan acara pengajian.
Antusias warga dalam acara ini sangat besar sehingga jalan jalan penuh padat dengan warga yang berdatangan.
Rendra pemilik jaranan Narendra Wijoyo Saputro mengucapkan semoga acara sedekah bumi ini bisa diikuti oleh wilayah lainnya guna mengingat kan generasi muda sebagai penerus leluhur agar tidak lupa akan asal usul wilayah nya.
Sukses nya acara ini sangat membantu wawasan masyarakat sekitar yang belum mengetahui bahwa di wilayah nya ada sesepuh yang dikeramatkan ucapnya.(Red)