banner 728x250

Wisata Hutan Mangrove Cikiong Sedari Sejarah Ekowisata Yang Inspiratif Di Desa Sedari Kecamatan Cibuaya

banner 468x60

Karawang. gayortinews.com – Hutan Mangrove cikiong sedari bukan sekedar wisata karawang yang biasa. Karena kawasan tersebut memiliki sebuah sejarah yang sangat inspiratif. Selasa 19/07/2022.

Hutan Mangrove cikiong sedari bermetamorfosa dari sebuah kebutuhan akan perlindungan dari abrasi, hingga menjadi sebuah wisata di karawang yang edukatif.

Ekowisata cikiong sedari yang berlokasi desa sedari kecamatan cibuaya adalah sebuah objek wisata yang dibuka pada tahun 1991 yang di tandatangani oleh presiden soeharto Kehadiran kawasan hutan mangrove tersebut selain sebagai benteng kokoh penghalang dari bencana abrasi, di sisi lain juga berdampak ekonomis bagi masyarakat setempat setelah dijadikan sebuah objek wisata.

Dan saat ini, masyarakat yang tinggal di kawasan cikiong sedari sudah terhindar dari bencana abrasi. Padahal sebelumnya selalu saja dilanda bencana tersebut.

Lokasi Dan Alamat Hutan Mangrove cikiong sedari

Lokasi Hutan Mangrove cikiong sedari terletak di dekat Pantai sedari
Alamat Ekowisata Hutan Mangrove cikiong sedari ini berada di Desa sedari, Kecamatan Cibuaya Kabupaten karawang Provinsi Jawa Barat.
Rute Hutan Mangrove cikiong sedari

rute menuju ekowisata sedari google maps.
Rute menuju Wisata Hutan Mangrove jika berangkat dari karawang akan menempuh jarak 9 Km, dengan kondisi jalur yang bisa dilalui dengan kendaraan motor, ataupun mobil hingga area parkir.

Jika pengunjung berangkat dari arah jakarta karawang bisa mengambil jalan dari terminal tanjung pura arah rengasdengklok menuju arah pasar cibuaya

Setelah itu, kalian mengambil Jl. Ciwaru desa srikamulyan lalu pengunjung tinggal mengikuti jalan tersebut, kurang lebih 1 km akan langsung menjumpai wisata mangrupe cikiong sedari

Kemudian kamu akan menemukan Gapura Besar selamat datang Desa sedari menuju lokasi Hutan Mangrove cikiong sedari sekitar 1km lagi.

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove
Sangat murah meriah liburan untuk keluarga
Tiket masuk tidak membebankan tiket untuk per orang tetapi berdasarkan kendaraan, yakni :
Kendaraan sepeda motor Rp. 2000
Kendaraan mobil Rp. 5000 –
Tiket masuk Rp. 10.000,- per orang.
Jam Buka Hutan Mangrove cikiong sedari

Jam Oprasional Hutan Mangrove cikiong dibuka setiap hari Senin hingga Minggu.
Hutan Mangrove cikiong sedari buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 petang.
Fasilitas Hutan Mangrove cikiong

fasilitas hutan mangrove cikiong sedari
Fasilitas umum yang ada disekitar Hutan Mangrove cikiong

Area Parkir
Mushola,
Kamar mandi / MCK,
Warung-warung,
Dan masih banyak lainnya.
Daya Tarik Hutan Mangrove cikiong sedari

wisata edukatif di karawang utara
Ekowisata Hutan Mangrove cikiong sedari adalah kawasan konservasi yang memang di peruntukan sebagai sarana edukasi untuk para wisatawan terhadap kelestarian lingkungan.

Pengunjung tentu saja menikmati keindahan kawasan hutan bakau atau mangrove yang cukup rindang bisa dengan menyusuri trek yang telah disediakan.

Wisata Hutan Mangrove ini memiliki luas sekitar 20 hektar, dan menjadikannya sebagai hutan mangrove terbesar di Kabupaten desa sedari kecamatan cibuaya kabupaten karawang jawa barat

Selain menjadi tempat wisata, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa manfaat hutan mangrove berfungsi sebagai pelindung ombak laut yangsering disebut dengan bencana abrasi.

Hutan Mangrove cikiong sedari ini merupakan hutan mangrove terbesar di karawang utara dekat dengan laut sedari . Dan cara menuju kawasan Hutan Mangrove ini pengunjung bisa dengan keluarga pake kendaraan mobil ataw motor.

sajian pemandangannya pun sangat indah, deretan pohon bakau serta suara burung yang berkicau seakan menyambut kedatangan tamu berkunjung.

Spot photo Selfie

jembatan cinta
Ekowisata Mangrove cikiong sedari juga menyajikan kebutuhan trend wisata saat ini, berupa spot selfie yang instagramable. Salah-satunya adalah sebuah menara pandang, sebagai spot terbaik menikmati keindahan alam sekitar dari area wisata hutan mangruve cikiong sedari. (Tarna)