banner 728x250

Aksi damai gabungan dari aliansi LSM datangi polres tanah Karo dan kejaksaan negeri kabanjahe.

banner 468x60

Karo. gayortinews.com – Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Dewan pimpinan daerah Lembaga swadaya masyarakat di kabupaten Karo (DPD LSM). Bergabung untuk menyuarakan anti korupsi dalam aksi damai kepada polres tanah Karo dan kejaksaan negeri kabanjahe kabupaten Karo, selasa 28 Juni 2022, jln jamin Ginting kabanjahe.

Massa bergerak mulai pukul 10.00 wib dengan titik kumpul di halaman parkir makam pahlawan kabanjahe menuju kantor polres tanah Karo dan kejaksaan negeri kabanjahe.Gabungan Aliansi DPD LSM LIRA, DPD LSM BMI dan DPD LSM KCBI,menuntut mendukung kinerja kejaksaan negeri kabanjahe yang dibacakan oleh ketua DPD LSM KCBI Rudi Surbakti, ketua DPD LSM BMI Ikuten Sitepu dan perwakilan dari DPD LSM LIRA.

Dalam aksi damai tersebut, mereka menuntut, mendukung kinerja kejaksaan negeri kabanjahe untuk lima hal secara tertulis.

1. Kami mendukung dan memberikan semangat kepada para penegak hukum guna menuntaskan laporan dugaan korupsi yang merugikan negara di Kabupaten Karo.

2. Kami meminta kepada penegak hukum agar mengawasi proses tender proyek melalui ULP yang diduga terjadi KKN.

3. Kami meminta agar diperiksa dan tangkap oknum inspektorat yang diduga melakukan intimidasi terhadap salah satu kepala dinas di lingkungan pemerintah Kabupaten Karo Melalui pemeriksaan reguler.

4. Kami mau minta agar dilakukan pengawasan serta pemeriksaan atas pengangkatan jabatan ASN di lingkungan Kabupaten Karo yang diduga telah terjadi Tindakan korupsi dan berbentuk suap

5. Kami meminta agar dilakukan pemeriksaan terhadap pejabat tinggi karo yang diduga terlibat dengan proyek yang anggarannya bersumber dari APBD maupun APBN.

Dan secara lisan Ikuten Sitepu dari aliansi LSM BMI meminta kepada kejaksaan negeri kabanjahe agar segera menyelesaikan dugaan korupsi di Bawaslu kabupaten Karo dan untuk pengembalian uang sisa yang pada saat itu menjabat sebagai wakil bupati kabupaten Karo, Sebesar Rp 2.3M apakah semuanya sudah di transfer/di kembalikan. Dan untuk data akurat kami sudah siapkan untuk yang tertulis dan di utarakan secara lisan.jadi kami dari aliansi gabungan DPD LSM kabupaten Karo siap mendukung kinerja kejaksaan negeri kabanjahe untuk menindaklanjuti dugaan korupsi di kabupaten Karo.ujur Ikuten Sitepu.

Kasipidsus kejaksaan negeri kabanjahe Rano membenarkan kalo sisa uang yang dikembalikan sudah di terima kejaksaan dan di transfer ke negara sebesar Rp 2.3 miliar. Dan untuk sisa uang kami jelaskan susah selesai. Untuk Bawaslu sekarang masih sampai pada tahap praduga dan lagi dalam proses kita tunggu sama sama untuk kelanjutannta. Ujar kasipidsus kejaksaan negeri kabanjahe Rano.

Massa yang tergabung dalam aliansi DPD LSM dalam aksi damai tersebut meninggalkan kejaksaan negeri kabanjahe setelah penyerahan berkas dokumen kepada kejaksaan negeri kabanjahe serta mengisi form pernerimaan berkas sebagai bukti aksi damai tersebut.dan Poto bersama. Aliansi gabungan DPD LSM kabupaten Karo, kembali kesekretariat dengan mengucapkan terima kasih kepada kepolisian resort tanah Karo Untuk pengawalan aksi damai tersebut.(deddybangun)