banner 728x250

Pemkab Halmahera Utara Gelar Rakor Bersama Camat dan Kades Se-Halmahera Utara

banner 468x60

Maluku Utara, GayortiNews.com || Rapat koordinasi (Rakor), Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Pemkab Halut) bersama Camat dan Kepala Desa Se-Kabupaten Halmahera Utara Maluku Utara. Kegiatan rutin yang dilaksanakan di awal tahun ini berupakan bentuk kegiatan Pemkab, guna memulai kalender kerja tahun 2023, kegiatan tersebut dipusatkan di Gedung Olah raga Tobelo, Selasa (24/01/2023).

“Kegiatan ini dengan tema Mewujudkan Nilai Transformasi Pamong dalam Pelaksanaan Pembinaan dan Progres Pembangunan di Kecamatan dan Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Halmahera Utara. Untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta agar dapat menyimak dengan baik dan bijaksana.

Dalam laporannya Kabag Pemerintahan Berto Mene, S.STP, menyampaikan peserta yang hadir dalam Rakor ini sebanyak sekitar 400 orang, terdiri dari 17 Kecamatan dan 197 Desa ditamba dengan Kecamatan Persiapan serta Desa persiapan yang ada di Halut.

“Peserta yang hadir sebanyak kurang lebih 400 orang terdiri dari camat 17 kecamatan, 197 kepala Desa dan BPD serta camat dan Desa Persiapan”, jelasnya.

Sementara, Kadis PMD Naftali Gita menyatakan mulai tahun 2023 ini sistem keuangan Desa (Siskeudes) akan dijalankan secara On Line untuk mempermudah pengawasan dan transportasi Dana Desa.

“Tahun ini, Siskeudes akan secara on line, hal ini dilakukan untuk transparansi dan memudahkan pengawasan pengelolaan keuangan desa. Untuk itu perlu kesiapan tenaga operator desa untuk mengoperasikannya”, ucapnya.

Sementara itu juga, Bupati Halut Ir.Frans Manery dalam pembukaan menyatakan, tahun baru ini, semua pemerintahan dari Desa sampai ke Pemkab harus memiliki pola pikir baru untuk merubah ke arah yang lebih baik.

“Dan perlu diingat, tugas dan tanggung jawab kita sesuai tupoksi masing masing. Baik itu di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Jika di desa ada BPD bersama Kades membangun Desa. Dan BPD tidak bisa memberhentikan Kades, hanya sebatas pengusulan pemberhentian saja,” tegas Bupati.

Bupati berharap tahun 2023, desa di Halut akan menjadi desa percontohan. Apalagi Siskeudes secara on line, untuk transparansi pengelolaan keuangan serta pengawasannya maka SDM, harus disiapkan yaitu operatornya.

“Selain itu, Kadis Kominfo agar mengusahakan seluruh desa di Halut, tidak ada yang blankspot. Semua harus terhubung dengan internet”, pungkas Bupati.

 

Wartawan  : A Rahman

Editor          : Imam Mu’iz