banner 728x250

Atlet LumajangTerbaik di Lari 5000 meter Porprov VII 2022

banner 468x60

Jember. gayortinews.com – Pelari andalan Lumajang, Dafid Sandi Eka Pratama berhasil mendulang emas di lari 5000 meter putra di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII 2022. Kesuksesan Dafid adalah buah dari pemusatan latihan di Pangalengan, Kabupaten Bandung selama enam bulan terakhir.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Jember Sport Garden (JSG) itu, Dafid mencatatkan waktu 16 menit 45,45 detik. M. Ikrom asal Bondowoso merebut merak. Sementara medali perunggu menjadi milik M. Ali Topan asal Kota Malang.

Dafid terbilang telat menggeluti atletik. Ia mengaku baru intens berlari saat memasuki kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA). David ditempa oleh Alexander Resmol, pelatih yang sudah malang melintang di dunia atletik Indonesia.

“Alhamdulilah saya bisa menyabet emas di Porprov meski ini adalah Porprov pertama saya. Akan tetapi, ini masih awal untuk saya. Saya tidak boleh berpuas diri. Sebab perjalanan saya di dunia atletik masih panjang,” tutur mahasiswa Universitas Negeri Malang itu, di Stadion Jember Sport Garden (JSG), Kamis (30/6/2022).

Selain itu, medali emas yang diperoleh di Porpov VII 2022 itu, Dafid membersembahkannya untuk kedua orang tuanya. Selain itu, medali emas ini ajuga dipersembahkan untuk para senior serta coach Alexander.

Dafid kemudian bercerita tentang pertemuannya dengan Alexander Resmol. Ketika kecintaannya di dunia lari makin menguat, alumnus SMA Negeri 1 Kunir, Lumajang ini memberanikan diri menghadap Alexander. Kemudian meminta untuk dibina oleh sang pelatih.

Dafid pun bergabung dengan klub milik Alexander Resmol di Lumajang. Kemudian, pada enam bulanm sebelum Porprov, ia berangkat ke Pangalengan untuk menempa diri. Dafid menghabiskan enam bulan di Pangalengan.

“Saya bela-belain tidak pulang ke rumah selama enam bulan. Bahkan saat Lebaran pun tidak berkumpul dengan keluarga. Semuanya demi mendapatkan emas di Porprov 2022,” ujarnya atley 21 tahun itu.

Sebelumnya, mahasiswa jurusan Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang menyabet medali perak di nomor 10.000 meter putra pada Rabu, 29 Juni. Perolehan satu emas dan satu perak menjadi debut yang indah Porprov VII 2022. @Fredy