banner 728x250

Gubernur Jatim Meninjau Progres Pemugaran Cagar Budaya Benteng Van den Bosch Di Ngawi

banner 468x60

Ngawi, gayortinews.com – Benteng Van den Bosch (Benteng pendem) saat ini tengah direhabalitasi demi menjaga kelestarian bangunan bersejarah ini.

Kamis(4/8/22) setelah meresmikan penutupan Bedah Rumah Tidak Layak Huni(Rutilahu) di dusun Bendo, Desa Tempuran, Kecamatan Paron. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau Benteng Van den Bosch yang terletak di Jalan Untung Suropati no ll,Pelem Kelurahan Pelem Ngawi.
Dalam kunjungan tersebut Gubernur juga mendiskusikan kepada Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono.Agar kedepannya Bupati Ngawi menyiapkan guide yang hafal sejarah Ngawi untuk pengunjung yang masuk ke benteng,karena mengingat di belakang benteng ada bengawan Solo yang mungkin bisa tersambung dengan Museum yang ada di Trinil.

“Sambil jalan saya sampaikan ke Bupati,supaya di buat Hotel,berbagai(gedung) pertemuan,ekspo UMKM,pergaan busana dan sebagainya.(karena)Benteng ini memiliki keindahan yang sangat mempesona” ujarnya.

Lebih lanjut,Khofifah mengatakan renovasi benteng yang berukuran 165 meter x 80 meter yang di bangun di atas lahan seluas 15 hektar ini menindak lanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo.
“Kawasan Benteng Van den Bosch dapat menjadi wisata edukasi sejarah dan cagar budaya yang di lengkapi informasi di setiap sudutnya” pungkasnya dengan bangga. (Wisnu)