banner 728x250

Keluarga Besar Peguron Jalak Banten Nusantara Gelar Festival Seni Budaya dan Berikan Santunan Kepada 1000 Anak Yatim

banner 468x60

Serang. gayortinews.com – Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan Menjaga kelestarian Budaya, Keluarga Besar Peguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) Kabupaten Serang menggelar acara Pagelaran Seni budaya dan berikan santunan kepada 1000 anak yatim-piatu yang bertempat di Lapangan Banten Indah Permai (BIP), kelurahan Unyur, kecamatan Kasemen, Kota Serang.. Minggu (07/08/2022).

Acara tersebut diawali dengan membacakan doa bersama, dan menyanyikan Lagu Mars PJBN, serta dimeriahkan dengan sejumblah penampilan Atraksi debus yang dibawakan oleh 10 padepokan yang tergabung di PJBN, dan beberapa pentas seni budaya khas daerah Banten dan Daerah lainnya, juga dimeriahkan dengan pengundian Dorpize.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Komite I DPD-RI, Bpk Fahrurrozi, Perwakilan Walikota Serang, Perwakilan Korem 064/MY, Perwakilan Lanal Banten, Perwakilan Polres Serang, Ketua Umum PJBN Provinsi Banten, Abah Kh. Tb. Ssngadiah, MA., Ketua Harian DPP PJBN, Hj. Ratu Ageng Rekawati, Bidang OKK DPP PJBN,Seluruh DPD PJBN Se-Provinsi Banten, Ketua DPW PJBN DKI Jakarta, Bpk Sugiarto, Perwakilan Sulsel (Kendari) Perwakilan Jawa barat (Bandung , Kabupaten Bandung, Bekasi, Suka Bumi, Garut), Perwakilan Jawa timur (Madura, Malang), Jawa tengah (Pemalang, Tegal) dan prov Jogyakarta beserta jajaran.

Dalam kesempatan itu, Ketua Harian DPP PJBN, Hj. Ratu Ageng Rekawati mengajak kepada seluruh keluarga besar PJBN untuk selalu menjaga warisan budaya leluhur.

“Perlu diketahui, Kegiatan PJBN ini tentang Syi’ar, dakwah, seni budaya, jadi kita harus lebih fokus menjaga budaya Nusantara, kalo bukan kita siapa lagi yang menjaga budaya warisan leluhur kita. Maka daripada itu mari kita bersama-sama menjaga budaya warisah leluhur kita, karna budaya warisan leluhur itu merupakan sesuatu yang harus kita jaga, sesuatu yang indah yang mengajarkan kebersamaan tanpa membedakan suku bangsa dan agama. Seperti Semboyan Negara Kita tercinta ini yaitu Bineka Tunggal Ika,” Kata Hj. Reka.

“Alhamdulillah dengan kegiatan hari ini yaitu festival budaya Nusantara dan santunan 1000 anak yatim yang di adakan di DPD kabupaten Serang ini merupakan salah satu bentuk upaya Keluarga Besar PJBN untuk menjaga budaya warisan leluhur dan melestarikan budaya-budaya asli Nusantara, saya sangat bersyukur kepada Allah SWT dan terimakasih kepada seluruh keluarga besar PJBN yang telah ikut berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan ini,” Jelasnya.

Selanjutnya, Hj. Reka berharap kedepannya keluarga besar PJBN untuk tetap jaga kekompakan dan jaga tali silaturahmi.

“Saya berharap kepada seluruh keluarga besar PJBN untuk tetap kompak dan selaku menjaga silaturahmi. menjaga solidaritas, menjaga ukhuwah wahtoniah, karena bukan hanya silaturahmi antara sesama, tapi silaturahmi kebangsaan yang bersilaturahmi tanpa membeda-bedakan antara agama, dan suku dari manapun,” Ujarnya.

“Maka daripada itu, Mari kita sama-sama menjaga kelestarian budaya Nusantara warisan leluhur nenek moyang kita, Karna PJBN itu berpatokan dengan jamiatul ahlak (Jalak) yang artinya jalankan, lakukan, dan amanah, karuhun atau Nusantara. Karena di PJBN ini Bineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu,” Sambungnya.

Sementara itu, Ketua DPD PJBN Kabupaten Serang, Kang Roy Panji Ireng menyampaikan bahwa keluarga besar PJBN selain mencintai seni budaya, kita juga sangat mencintai generasi muda.

“Kita keluarga besar PJBN ini sebagai pelaku seni budaya, pecinta seni budaya, dan pelestari seni budaya, menunjukkan bahwa kita ini bukan sekedar mencintai seni budaya saja, tapi mencintai generasi muda, apalagi anak-anak yatim yang memang sangat membutuhkan perhatian dari kita, jadi disini para pecinta seni budaya berartikan menanamkan juga untuk kecintaan seni kepada anak-anak yang masih beliah,” Ucap Kang Roy.

“Dengan adanya kekompakan dari seluruh keluarga besar PJBN, alhamdulilah kegiatan festival seni budaya yang dirangkai juga dengan santunan 1000 anak yatim ini bisa berjalan dengan sangat lancar dan sangat meriah, kita berharap dalam acara ini tak ada perbedaan antara bendera, ntah itu ormas ntah itu lembaga ntah itu paguron, ntah pun komunitas, semua tujuan itu tetap satu NKRI,” Ujarnya.

“Semoga kedepan nya kita bisa mengadakan kegiatan seperti ini yang lebih meriah lagi daripada ini, dan insyaallah kita akan saling membantu suport yakin saja dalam keluarga besar PJBN selalu ada keterikatan batin,” Tandasnya.

Diakhir kegiatan, Ketua Komite I DPD-RI, Bpk Fachrul Razi memberikan bantuan kepada 10 padepokan yang telah menunjukkan penampilan atraksi pentas Seni Debus sebesar 1jt/padepokan, juga berikan 5 kuota dorpize dengan hadiah 1jt/Dorpize, dan Ketua umum PJBN juga berikan bantuan kepada 100 Padepokan keluarga besar PJBN sebesar 1jt/Padepokan.

Pewarta: April BANTEN