banner 728x250

Keunikan acara pemakaman adat Tapanuli Selatan (Horja Batak Angkola)

banner 468x60

Tapanuli Selatan. gayortinews.com -Disamping adat istiadat nya yang unik masarakat Tapanuli selatan termasuk satu daerah yang tingkat toleransi beragama yang sangat tinggi panatisme itu hampir tak ada di daerah Tapanuli Selatan. Sipogu, 7-6-2022.

Seperti acara adat istiadat mulai dari acara adat pernikahan dan by adat acara kemalangan semua bersatu padu bekerja sama dalam acara adat tersebut dan dapat kita lihat gambaran kesatuan dalam acara adat Batak Angkola.

Seperti acara adat horja yang menjadi puncak acara terbesar dalam acara adat Batak Angkola,sementara horja terbagi atas dua macam (horja siriaon dohot siluluton)yg artinya pesta horja pernikahan dan kematian..dan salah satu nya horja yg disambangi mns Tapsel yaitu horja kematian yang unik..dalam melaksanakan adat horja ini mempunyai sharat tertentu ya itu yang meninggal harus lah yg sudah mempunyai cucu dari anak dan putri(magabe saur matua Bulung) dan dalam acara adat tersebut akan dirayakan dengan adat besar dan memakan biaya yang sangat besar

Tentulah acara adat ini jadi satu gambaran kebersa Maan dalam acara tersebut tentu kebersamaan ini jadi pelajaran penting bagi pembaca karna walau kita berbeda.agama bukan berarti kita harus membenci keragaman itu akan semakin indah jika kita bersatu

Sama halnya dengan bangsa kita ragam etnis ragam agama ragam suku tapi kita dipersatukan oleh panca sila,seperti adat Batak Angkola dipersatukan oleh adat istiadat yg indah ada satu hal yg perlu kita lihat adat,agama,tingkatan ekonomi tak jadi masalah dalam adat Tapsel asal ketiga unsur adat sudah bekerjasama dan duduk berdampingan.hula hula,kahanggi,anak Boru yg di satukan jadi satu istilah DALIHAN NATOLU. (Pardomuan)