banner 728x250

Lestarikan Tradisi, Pondok Kemuning Langsa Potong 14 Hewan Qurban

banner 468x60

LANGSA ACEH, gayortinews.com – Hari Raya Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam yang biasa di peringati dengan penyembelihan hewan qurban, bermula ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pemerintah resmi menetapkan 10 Zulhijjah 1443 Hijriah atau Idul Adha 2022 jatuh pada hari Minggu 10 Juli 2022 dalam rangka merayakan hari raya Idul Adha, dan lestarikan tradisi Gampong (Desa) Pondok Kemuning Kec. Langsa Lama potong hewan qurban.

Sebanyak 14 ekor hewan kurban disembelih di Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa pada Idul Adha 1443 Hijriah.

Geuchik Gampong Pondok Kemuning, Saiful Azhar, mengatakan 14 hewan kurban itu terdiri atas 7 sapi dan 7 ekor kambing.

“Untuk jumlah sapi sebanyak 6 ekor dari 6 kelompok masyarakat dan 1 ekor merupakan sumbangan dari Pemko Langsa,” sebut Saiful Azhar kepada gayortinews.com Minggu (10/7/2022).

Ia mengatakan, penyembelihan dilakukan di areal perkebunan sawit yang tidak jauh dari lokasi Masjid Al Saqhirah Gampong Pondok Kemuning. Ke-14 ekor hewan kurban itu dikelola oleh panitia kurban dan selanjutnya dibagikan kepada masyarakat dengan total kupon sebanyak 600 lembar.

Saiful berharap, dengan adanya kurban ini diharapkan dapat menumbuhkan sifat rendah diri, tidak takabur dan sombong karena ternyata manusia tidak ada apa-apanya dibandingkan kekuasaan Allah Swt.

Kemudian, berkurban juga ikut memberikan kebahagian kepada fakir miskin, sebab tidak semua orang mampu makan dengan daging karena ada saudara-saudara kita yang sehari-harinya hanya makan alakadarnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Gampong Pondok Kemuning yang telah berkurban, begitu juga kepada seluruh panitia yang telah bersusah payah mengkoordinir penyembelihan dan pembagian hewan kurban milik masyarakat ini,” ujarnya. (DANTON)