banner 728x250

Mie Aceh Garut Kota Langsa

banner 468x60

LANGSA ACEH, gayortinews.com – Saat berkunjung ke suatu daerah, pasti kuliner menjadi pilihan utama untuk diburu apalagi untuk mereka yang suka makan. Salah satu warung kecil yang terletak di jalan PT KAI Kota Langsa, tepatnya di area mesjid Raya Darul Fallah Kota Langsa Mie Garut. Mie Garut merupakan salah satu kuliner Aceh yang sangat umum ditemukan di Aceh.

Ngomong-ngomong soal mie aceh, apa sih yang membedakan mie aceh dengan mie lainnya di luaran sana? Jawabannya terletak pada bumbu masakannya. Garut adalah nama Gampong pemilik warung ini, berasal dari Aceh Pidie adapun nama penjual Mie Garut Zimmi. Setiap habis Shalat Subuh sekitar pukul 5.30 WIB, ia berangkat ke pasar dan membeli sendiri perlengkapan untuk mienya.

Setelah membersihkan tempat dan menata semua bahan, ia selalu memulai dengan menggoreng kerupuk melinjo (emping). Kemudian memanaskan bumbu aceh sampai sekitar 30 menit. Setelah semuanya beres, Zimmi baru menerima pesanan mie Aceh. Biasanya pemesanan sudah bisa dilakukan sekitar pukul 8.00 WIB. Pagi dan berakhir Pukul 16.00 Wib, sore.

Kamu pingin dimasakkan mie tepung kuning, indomie, atau membawa tambahan udang untuk dimasukkan ke mie kalian, ia siap menyanggupi. Mau banyakin kuah, rasa pedas dengan taburan cabai rawit atau pakai telur, itu terserah kamu. Ia juga akan menyanggupi permintaan costumer. Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk duduk dan makan di sana sambil menikmati suasana mesjid Raya di tengah pusat Kota Langsa.

Warung mie Aceh dari mie Garut ini beroperasi mulai pagi hari sampai sore, adapun untuk hari Jum’at tutup di samping ada mie Garut juga tersedia minuman melai dari kopi maupun sirup merah, hijau dan orange.

Mie Garut mempunyai penggemarnya sendiri. Bahkan jika ditanya orang sekitar rekomendasi mie Aceh paling enak di mana, pasti akan diarahkan ke Mie Garut didepan mesjid Raya Langsa.

Soal rasa, lidah tidak bisa bohong, pertama kali mencoba pasti jatuh cinta dan merasa rindu untuk kembali mencoba. Kalau penasaran dengan rasa mie Aceh seperti apa? Saya sangat merekomendasikan warung miet Garut ini, karena rasanya tidak pernah mengecewakan. Ini baru namanya Mie Aceh. (DANTON)