banner 728x250

Porprov Jatim Digelar September 2023 Di Jawa Tengah

banner 468x60

Surabaya. gayortinews.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur kembali menjadi jujugan dalam proses pembinaan olahraga di Indonesia. Kini, KONI Jawa Tengah secara langsung berkunjung ke KONI Jatim di Surabaya, 26-27 Juli .

Dalam dua hari pertemuan, kedua belah pihak saling bertukar pikiran tentang pembinaan olahraga. Salah satunya terkait gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) karena sebentar lagi Jawa Tengah akan menggelar ajang tersebut.

“Jawa Tengah diskusi dengan kita tentang pelaksanaan Porprov. Mereka ingin meniru Porprov yang kita laksanakan kemarin. Mereka mengakui keberhasilan ktia menggelar Porprov kemarin,” ujar Ketua KONI Jatim M Nabil, di kantor KONI, Surabaya, Kamis (27/7/2022).

 

Selain itu, Nabil mengaku, pihaknya memberikan semua kita-kita agar sukses secara penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses ekonomi.

“Pos-posnya gimana, penanggung jawabnya siapa, opening dan closing ceremony seperti apa, lalu Gebyar Porprov itu seperti apa sudah kita kasih masukan. Mereka tertarik semua dan banyak mengadopsi kegiatan kita. Termasuk alokasi anggaran karena hampir sama Jateng dan Jatim, mereka 35 kabupaten/kota sedangkan kita 38 kabupaten/kota,” paparnya.

Tak hanya itu saja, KONI Jatim juga memberikan tentang nomor pertandingan, persiapan, lalu talent scouting, serta rekrutmen puslatda.

Dengan kedatangan Jateng, Nabil menyampaikan terima kasih, karena bisa sama-sama bertukar pikiran tentang pengembangan olahraga agar dapat lebih maju lagi yang endingnya prestasi untuk Indonesia di kancah dunia.

Sementara itu, Ketua KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana, menjelaskan ada 57 cabang olah raga (cabor) yang akan dimainkan di Porprov Jateng yang digelar September 2023, lebih banyak dari tahun 2018 yakni 49 cabor.

Selain itu, untuk Porprov 2023 akan digelar di Pati Raya, yakni Kabupaten Jepara, Porprov, Kabupaten Pati, Kudus, Rembang, Blora, dan Grobogan.

“Kami datang ke KONI Jatim untuk belajar tentang penyelenggaraan. Apalagi Jatim baru saja menggelar Porprov yang juga digelar di beberapa kota/kabupaten. Terus terang kami harus belajar agar bisa kami terapkan di Jawa Tengah,” tuturnya.

Menurut Bona, kedatangan KONI Jateng ini juga didampingi dari unsur pemerintah Provinsi Jawa Tengah yaitu Plh Kadisporapar Jateng, Setyo Irawan.

“Kami sudah banyak menerima masukan dari teman-teman KONI Jatim terutama Pak Nabil, dan kami berharap apa yang sudah kami pelajari dan dapatkan dari kunjungan ini bisa kami terapkan di Jawa Tengah,” imbuhnya.@Fredy