banner 728x250

Smk Negeri Silian Raya dua Tahun tidak mempunyai listrik , guru dan siswa meminta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey ditindak lanjuti

banner 468x60

Mitra Gayortinews.com – Kepala sekolah Smk Negeri Silian Raya, ariana .o.Sandak, S.pd, mengatakan bahwa permohonan pemasangan listrik titik nol berada di desa Silian Utara dan sudah disampaikan ke pihak kepala Desa.16/08/2022

 

Bahkan kepala desa sudah konfirmasi langsung ke pihak Pln Rayon Ratahan, Bahwa sekolah tersebut butuh perhatian dari pihak Pln untuk Pemasangan Jaringan Listrik berdaya besar, ujar Mariana.

Menurut mariana sekolah tersebut sudah di bangun pada tahun 2020, dan memang baru memiliki Ruang Praktik Siswa kompetensi keahlian ,Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan juga selain untuk tempat Praktik Siswa /Ruangan tersebut digunakan sebagai Ruang Kelas proses belajar mengajar Siswa.

Jumlah siswa di sekolah ini sesuai Dapodik ada 68 siswa dan ada 3 jurusan, yakni Keperawatan, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik , ujar Mariana.

Lanjut Mariana, semua alat praktik sekolah yang dipimpinnya menggunakan listrik dan sekarang hanya menggunakan Genset untuk menjalankan sejumlah peralatan praktik siswa.

Hanya beberapa alat praktik saja yang bisa menggunakan listrik dari Genset. Sementara alat praktik yang besar tidak bisa digunakan karena daya listrik dari Genset tidak memadai.kata Mariana.

Menurut Kepala Pln Rayon Ratahan Roy kristian menerangkan ,bahwa dia memerintahkan karyawan pln untuk survey lokasi tersebut dan mengukur jarak panjang dari titik nol sampai ke sekolah tersebut.

Menurut informasi dari pihak pln setelah di tinjau lokasi, jarak dari titik nol panjangnya melebihi dari dua kilometer .

Tiang listrik tersebut setelah ditinjau langsung akan melintasi banyak rawa , menurut keterangan dari kepala Pln Bahwa aturan pemasangan jaringan tidak boleh melintasi daerah rawa karena jaringan listrik tersebut bertegangan tinggi ,hanya bisa melintasi Tanah kering.

Menurut Roy anggaran yang di tafsir untuk pemasangan jaringan listrik memakan anggaran mencapai sekurang- kurangnya 2milyar Rupiah dan proyek tersebut harus bekerjasama dan berkontribusi antara pihak Pln, Dinas PU Propisi Sulut dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Utara

Semenjak berdirinya sekolah para guru dan murid mengeluh kepada pemerintah propinsi Sulut Gubernur Olly Dondokambey supaya datang ke kabupaten minahasa Tenggara untuk menindak lanjuti keberadaan sekolah Smk Negeri Silian Raya, tepatnya di desa silian Utara kabupaten minahasa Tenggara(Frangki Tampongangoy)