banner 728x250

Sosialisasi Si Dulang Babel kepada Operator Pendataan Data UMKM Kab Bangka Selatan

banner 468x60

Bangka Belitung. gayortinews.com – Sosialisasi Si Dulang Babel yang diikuti perwakilan Dinas KUKM Basel dan 8 orang perwakilan Kecamatan se- Kab Bangka Selatan ini dibuka Subkoordinator Kemitraan Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Babel, Subandrio di Ruang Rapat Dinas KUKM Babel, Kamis (11/08/22).

Subkoordinator Kewirausahaan, Junaidi mengatakan bahwa operator pendataan data UMKM kecamatan menjadi ujung tombak pelaksanaan pendataan UMKM pada aplikasi Si Dulang Babel. Aplikasi Si Dulang Babel merupakan pengembangan dari aplikasi pendataan yang telah dilaksanakan sejak 2020.

Pendataan UMKM bertujuan untuk menghasilkan data tunggal UMKM di Babel. Pendataan UMKM ini memiliki manfaat yang banyak salah satunya yakni dapat menjadi bahan dalam pengambilan kebijakan bagi pengembangan UMKM kedepannya.

Pada aplikasi Si Dulang, data UMKM dapat ditampilkan data UMKM pedesaan, persektor usaha dan perskala usaha disuatu desa atau kelurahan yang ada di suatu Kecamatan.

Subkoordinator Kewirausahaan, menuturkan bahwa ada dua pekerjaan yang dikerjaaan tahun ini, yakni validasi data lama dan entri data UMKM baru. Saat ini data UMKM Kab Basel yang telah terentry sebanyak 9.835 data.

“Kita akan lakukan validasi data lama karena mungkin ada data lama yang belum dimasukan NIB-nya. Dan selanjutnya kita akan entri data baru lengkap dengan NIB-nya,” tuturnya.

(REDI SOFIAN)