banner 728x250

Sumpah Jabatan 294 PPS Labuhanbatu Untuk Pemilu 2024

banner 468x60

Labuhanbatu, GayortiNews.com || Sebanyak 294 PPS (Panitia Pemungutan Suara) pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 dari 98 desa dan kelurahan se-Kabupaten Labuhanbatu mengambil sumpah jabatannya untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Pengambilan sumpah tersebut disaksikan para pimpinan Forkopimda Labuhanbatu atau yang mewakili, Ketua KPU Labuhanbatu dan Bawaslu yang dirangkai bimbingan teknis panitia pemungutan suara pemilu tahun 2024 di Aula Asrama Haji Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan, Labuhanbatu-Sumatera Utara,Selasa (24/1/2023).

Usai pengambilan sumpah, para pimpinan KPPS dari 9 Kecamatan membubuhkan tanda tangan fakta integritas dan komitmen bersama. Hadir mewakili Bupati Labuhanbatu, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs.Sarimpunan Ritonga,MPd.

Dalam sambutannya ia mengatakan, bahwa meninjau dari UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, bahwa PPK dan PPS menjadi bagian yang sangat penting dan strategis Sebagai penyelenggara pemilihan umum.

Peran PPS sangat menentukan mengingat PPS merupakan perpanjangan tangan PKK dan KPU yang akan melaksanakan tugas penyelenggara di tingkat Kelurahan atau Desa untuk melaksanakan koordinasi dengan PKK sebagai pelaksana di tingkat Kecamatan.

Ia menghimbau kepada anggota PPS yang baru saja dilantik agar segera melakukan koordinasi internal baik secara vertikal maupun horizontal agar tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 dapat terlaksana dengan baik.

Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi,SSos,MM, dikesempatan itu mengatakan, Pekerjaan baru akan dimulai, banyak hal yang harus dilalui, ini adalah proses yang sangat sensitif yang harus dikerjakan, harus bijak, adil, terbuka dan benar-benar memberikan informasi akurat yang koperatif kepada semuanya.

” Hari ini kita harus bisa memberikan fasilitas informasi dan pekerjaan yang baik kepada seluruh peserta pemilu dan pemilih yang nantinya akan kita lontarkan pada tanggal 14 Februari 2024,”ujar Ketua KPU Labuhanbatu.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Arsyad Rangkuti mengajak seluruh PPS yang baru saja dilantik untuk menjalankan tugasnya dengan baik.

“Mari laksanakan tugas ini dengan baik,yakinlah kita akan mampu,semua bisa kita lakukan apabila kita kerjakan secara bersama-sama,”ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu.

Pelantikan anggota PPS ini dihadiri Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs.Sarimpunan Ritonga,MPd, Wakapolres Labuhanbatu Kompol Drs.Hermansyah, Kasdim 0209/LB Mayor Inf.Indra Gunawan, Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi,SSos.MM, Ketua Bawaslu Parulian Silaban,SAg.SE, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Arsyad Rangkuti, Kaban Kesbangpol Nilwan, Mewakili Kajari Labuhanbatu Yuli Depari,SH.MH,PPK dan anggota PPS yang baru dilantik.

Wartawan : Ferdinan Frinandes Simanjuntak
Editor         : Imam Mu’iz