banner 728x250

Warga pulau lembeh meminta walikota Bitung Sulawesi Utara Ir. Maurist Mantiri Segera Copot Pimpinan PD Bangun Bitung

banner 468x60

Bitung || gayortinews.com –  25/3 2023

Dinilai sejak Risal Dumombo(atos) diangkat oleh walikota bitung Ir Maurist mantiri. menjabat sebagai direktur utama PD Bangun Bitung.kmp Tude ternyata tidak maksimal melayani pelayaran, rute bitung pulau Lembeh.
WargaPulau lembeh mengatakan kmp tude,sering terjadi kerusakan walaupun baru keluar dari dok(perbaikan kapal)di tambah dengan persyaratan surat ijin berlayar kmp tude sampai saat ini sudah kadaluarsa dan baru mau di perpanjang ketika kapal fery Km tude tidak beroprasi selama 6 hari.
Dan mennurut keterangan Abk kapal R.k. kepada awak media bahwa pihak syahbandar tidak bisa memberikan surat ijin berlayar tanpa dokumen lengkap dari Pd Bangun Bitung.


Oleh sebab itu, sejak tanggal Satu maret 2023,
syahbandar bitung sudah mengingatkan kepada Kabak pd bangun bitung,bahwa surat tersebut berakhir pada tanggal 18-3-2023.tapi pimpinan pd bangun bitung tidak mengindahkannya.
Akhirnya inilah yang terjadi,km tude sudah 6 hari tidak beroperasi melayani rute bitung pulau LEMBEH,Padahal peningkatan perekonomian Pulau lembeh bergantung pada kapal Fery tersebut, Sampai saat ini Komoditi Pala Cengkih Kopra tidak tidak bisa dikirim ke kota Bitung di karenakan belum ada kapal penyebrangan yang beroprasi,olehsebab itu terhitung tgl 20-3-2023 sampai berita ini di turunkan persuratan belum selesai.
Dalam hal ini masih ada pemeriksaan kelayakan kapal dari BKI.padahal dari pemerintah kota bitung setiap tahun sudah memberikan dana penyertaan, dan biaya oprasional berupa dana subsidi dari pemerintah,
Itu sebabnya warga LEMBEH mengatakan pimpinan PD BANGUN BITUNG.tidak mampu mengelola akan perusahan tersebut.


Ditambah lagi dengan 14 abk kmp tude gaji mrreka sudah 4 bulan belum terbayarkan , kata salah satu anak buah kapal, terhitung bulan desember 2022 sampai hari ini 27 -3 -2023.
Kerugian berupa gaji yg belum di bayarkan bila di totalkan Rp 334 juta,kata salah satu abk,dan kerugian matril tdk bisa di nilai dengan uang,berupa kerugian kesengsaraan,dgn rusaknya hubungan keluarga akibat gaji mereka belum terbayarkan oleh pihak pengelola Kmp Tude.
Dan menurut salah satu Aktivis Perekonomian kota bitung Delfi Matantu mengatakan ,bahwa pertumbuhan perekonomian pulau lembeh menurun, yang Rata rata petani Pala kopra dan cengkih, ini pun mengalami kerugian akibat barang komoditi mereka yang sudah beberapa hari ini tidak ada pengiriman kepabrik oleh sebab itu masyarakat pulau lembeh meminta walikotaBitung untuk segera menindak lanjuti permasalahan yang terjadi di Pd bangun Bitung ujar “Delfi”.

(Frangky Tampongangoy)